√ Tips Menciptakan Anak Suka Mencar Ilmu Bahasa Inggris 2019
Belajar BahasaInggris umumnya membosankan bagi bawah umur didik kalau kita tidak sanggup menyajikan materi Bahasa Inggris dengan metode yang sempurna atau sanggup dikatakan menyenangkan bagi mereka. Selama penulis mengajar Bahasa Inggris di sekolah, sebagian dari bawah umur kurang interested dengan mapel Bahasa Inggris, kenapa?Ya yang terperinci Bahasa Inggris bukan bahasa ibu, statusnya ialah Bahasa abnormal (foreign language) di Indonesia. Anak-anak tidak terbiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dan bagi siswa SMP/MTs berguru Bahasa Inggris ialah mapel yang pertama kali mereka terima sebab di SD/MI tidak semuanya mengajarkanya. Kurangnya kosa kata (vocabulary) Bahasa Inggris anak-anak, selain itu juga antara Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia mempunyai perbedaan tata bahasa (grammar) maupun dari segi kultur/budaya (culture).
Make a poster and write it with English to improve your English. |
Mengapa Bahasa Inggris umumnya tidak disenangi oleh bawah umur didik? Tunggu dulu pendapat itu tidak mutlak benar. Toh masih ada bebeapa daerah dimana bawah umur sangat antusias dan enjoy berguru Bahasa Inggris. Berikut ini ialah beberapa tips dari aku Bagaimana biar anak suka dan mengasihi berguru Bahasa Inggris:
1 | Singing (menyanyi) Untuk mengawali pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak didik yang gres mengenal Bahasa Inggris ialah memperkenalkan mereka dengan nyanyian (song). Bisa berupa lagu-lagu anak (songs for children), maupun lagu barat namun perlu disortir lagu-lagu yang baik untuk anak. Contoh: Are you sleeping, Bingo, Old Mcdonald, number, ABC’s dll. Untuk lagu barat remaja sanggup memakai lagu menyerupai “I have a dream” dari Westlife, “Count on me” dari Bruno Mars. Lagu-lagu mereka ini bertemakan usaha meraih mimpi dan persahabatan yang cocok untuk anak didik. Tidak ada anak yang tidak suka dengan musik, sebab semenjak mereka duduk di dingklik Taman Kanak-kanak maupun SD mereka sudah diperkenalkan lagu-lagu. Mereka akan tertarik dengan pendekatan lagu. Belajar sambil bernyanyi ialah salah satu kunci sukses anak berguru Bahasa Inggris. Beri kesan pertama yang aktual pada anak sehingga anak menjadi interested dengan Bahasa Inggris. |
2 | Playing games (Bermain games) Setelah anak diperkenalkan songs (lagu-lagu) maka berikutnya perkenalkan mereka juga dengan games (permainan) yang sanggup medukung pembelajaran Bahasa Inggris. Games misalnya: Spider web, Direction and Location games, Ten Little Indian games, Chinese wisper, Games vocabulary sanggup berupa Teka-teki silang, menggambar dan mewarnai (drawing and colouring),dan masih banyak yang lainnya. Ya bermain sambil berguru itulah kunci berikutnya, dunia anak ialah dunia bermain. Meskipun anak SMP/MT menginjak masa remaja, namun games atau permainan sanggup disisipkan untuk mencairkan suasana dan mengatasi kebosanan anak dalam berguru Bahasa Inggris. |
3. | Using Projector (menggunakan LCD Proyektor) Di abad digital ini penggunaan media electronik menyerupai Proyektor sangat dibutuhkan untuk mempilkan gambar, video, dan goresan pena yang menarik sehingga menciptakan anak menjadi antusias dalam berguru Bahasa Inggris. Sebelum mengajar seorang pendidik perlu mempersiapkand diri materi dan materi yang akan diajarkan. Guru sanggup memakai slide menarik, gambar menarik dan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Untuk menambah antusiasme anak guru perlu juga menyiapkan sound atau speaker aktif sehingga audio sanggup terdengar jelas. |
4 | Using digital dictionary with Android mobile (Menggunakan kamus digital) Kemajuan teknologi warta dan telekomunikasi tak sanggup dibendung lagi. Penggunaan gadget mungkin akan sanggup membantu anak dalam berguru Bahasa Inggris. Handphone Android sanggup kita manfaatkan untuk diinstal aplikasi kamus digital Bahasa Inggris-Indonesia atau sebaliknya. Penggunaan kamus digital lebih simpel dan cepat daripada kamus buku. Kita sanggup mengetikan kata yang kita cari kemudian menerjemahkannya ke dalam Bahasa sasaran. Dari segi waktu memakai kamus digital ini lebih cepat dari pada kita mencari makna dan arti suatu kata secara alfabetis di kamus manual yang memakan waktu lebih lama. Keunggulan lain dari kamus digital ini ialah terdapat fitur bunyi yang sanggup diperdengarkan untuk melafalkan suatu kata dengan benar sebab yang melafalkan kata berasal dari native speaker. Selain laba penggunaan HP sebagai kamus tidak luput dari masalah, selama penulis mengajar dan menganjurkan memakai kamus digital, ada beberapa anak yang memanfaatkan kesempatan ini, mereka bukannya membuka kamus namun mereka membuka aplikasi lain yang tidak diperbolehkan selama KBM berlangsung menyerupai facebook WhatsApp, YouTube, dll. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menciptakan regulasi atau peraturan ketat sehingga anak tidak bermain-main dengan HP yang seharusnya dipakai hanya untuk Kamus saja. |
5. | Teacher uses English instructions (guru Menggunakan arahan Bahasa Inggris) Kesuksesan berguru Bahasa Inggris berawal dari kebiasaan (habits), seorang guru perlu membiasakan memberi arahan dalam Bahasa Inggris secara berulang-ulang, awalnya mereka anak didik merasa asing, namun kalau ini dibiasakan mereka lambat laun akan memahami arahan guru. Mereka juga berguru Bahasa Inggris secara langsung, antara arahan dengan tindakan, antara teori dan praktik. Karena memang berguru Bahasa Inggris ialah untuk alat komunikasi bukan hanya nilai-nilai akademik dan teori semat. Trik ini juga sanggup menantang anak untuk berguru Bahasa Inggris |
6 | Asking students to learn English from printed materials or labels (mintalah anak untuk berguru Bahasa Inggris dari setiap goresan pena Bahasa inggris yang ada di kertas atau label yang mereka temukan Belajar Bahasa Inggris itu fleksible tidak harus dikala di sekolah, mintalah kepada anak didik anda untuk berguru Bahasa Inggris dari label atau bungkus produk tertentu seperti, sabun, pasta gigi, sarimi, handphone,dll. Biasanya pada kemasan tersebut terdapat dua bahasa petunjuk yang digunakan, salah satunya terdapat goresan pena dan petunjuk Bahasa Inggris. Anak sanggup mempelajari langsung, temukan kata dan kalimat Bahasa Inggris yang bawah umur merasa abnormal dan tidak mengetahui artinya. Dengan cara ini anak berguru kosa kata yang penting untuk mencapai kesuksesan Bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit anak berguru yang pada karenanya mereka mempunyai perbendaharaan kata yang banyak yang sanggup mendukung pembelajaran Bahasa Inggris mereka di kelas. |
Sementara ini itu dulu tips untuk memotivasi anak dalam Belajar Bahasa Inggris, untuk tips-tips berikutnya sanggup penulis share pada posting berikutnya. Semoga artikel/tips menciptakan anak suka mapel Bahasa Inggris ini sanggup memberi inspirasi, warta kepada para pembaca sehingga tergerak untuk berkreasi berikhtiar untuk menyajikan materi Bahasa Inggris dengan cara yang fun dan kreatif yang sanggup diterima anak. Ubah mindset anak didik anda bahwa berguru Bahasa Inggris itu bukan momok yang seram apalagi selama ini Bahasa Inggris menjadi semacam beban bagi anak baik dalam KBM maupun Ujian Nasional sehingga ini sanggup mempengaruhi nilai akademik anak untuk mapel Bahasa Inggris.
Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses berjama’ah bagi kita semua. Amin.
Belum ada Komentar untuk "√ Tips Menciptakan Anak Suka Mencar Ilmu Bahasa Inggris 2019"
Posting Komentar